-->

Konsep Resolusi dalam Penginderaan Jauh (Resolusi spasial, Resolusi Spektral, Resolusi Radiometrik, Resolusi Temporal)

Konsep Resolusi dalam Penginderaan Jauh (Resolusi spasial, Resolusi Spektral, Resolusi Radiometrik, Resolusi Temporal)




Gambar ilustrasi resolusi spasial yang berbeda

Penilaian terhadap kualitas suatu Citra pada dasarnya relatif tergantung sudut pandang kebutuhan, akan tetapi kemampuan suatu data PJ dibatasi oleh resolusi (resolving power = daya pisah). Menurut (Swain dan Davis, 1978) dalam (Projo, 2012), resolusi adalah kemampuan suatu sistem optik-elektronik untuk membedakan informasi yang secara spasial berdekatan atau secara spektral  mempunyai kemiripan. Terdapat 4 konsep resolusi dalam data Penginderaan Jauh, yaitu resolusi spasial, resolusi spektral, resolusi radiometrik, resolusi temporal, selain keempat resolusi tersebut dalam aplikasi pengolahan Citra digital dikenal pula resolusi layar.

Resolusi spasial merupakan ukuran terkecil obyek yang masih dapat  dideteksi oleh suatu sistem penCitraan. Satuan luasan terkecil dalam Citra disebut dengan piksel, dalam piksel termuat nilai spasial (koordinat) dan nilai atribut (spektral). Semakin tinggi resolusi spasial berarti luasan yang dapat dideteksi semakin sempit atau detil yang mengakibatkan obyek yang memiliki ukuran yang sangat kecil dari ukuran pikselnya akan menyulitkan pendeteksian obyek. Terdapat beberapa obyek berdimensi 1 (panjang) yang terdapat dalam CitraPenginderaan Jauh, walaupun lebarnya tidak memenuhi resolusi spasial, obyek tersebut masih dapat tergambarkan dan teridentifikasi, contohnya adalah jalan dan sungai. Semakin tinggi resolusi spasial maka semakin banyak keberadaan piksel murni (pure pixel). Piksel murni merupakan piksel yang tersusun atas 1 informasi spektral. Namun sebaliknya, dengan semakin rendah resolusi spektral maka semakin rendah keberadaan piksel murni dan semakin banyak keberadaan piksel campuran (mixed pixel). Piksel campuran merupakan piksel yang tersusun atas 2 atau lebih informasi spektral obyek.

Resolusi spektral adalah kemampuan suatu sistem optik-elektronik untuk membedakan obyek berdasarkan pantulan atau pancaran spektralnya. Semakin tinggi resolusi spektralnya maka semakin lengkap ketersediaan panjang gelombangnya dalam sekali merekam. Semakin banyak dan sempit saluran, maka semakin tinggi kemampuannya dalam mengenali obyek berdasarkan respon spektralnya. 

Resolusi Radiometrik adalah kemampuan sensor dalam mencatat respon spektral obyek dan merubahnya menjadi nilai digital (sitem bit coding), agar dapat disimpan dan dikirimkan ke satelit penerima di bumi hingga dapat ditampilkan dalam layar digital. Resolusi radiometrik berfungsi mengkodingkan besarnya energi pantulan obyek dipermukaan bumi yang sampai ke sensor (W.m-2.sr-1.µm-1) dengan intensitas yang bervariasi menjadi skala angka digital atau digital number (DN). Semakin besar nilai resolusi radiometrik ditunjukan dengan nominal angkabit coding yang semakin besar pula, semakin besar nilai bit coding semakin besar definisi derajat keabuan atau greyscale-nya, sehingga semakin tinggi resolusi radiometrik maka semakin peka terhadap adanya variasi obyek atau fenomena, akan tetapi konsekuensinya adalah selain semakin besar ukuran filenya juga memungkinkan terjadinya kegagalan sensor dalam mengkodingkan energi menjadi DN.

Resolusi temporal adalah kemampuan suatu sistem untuk merekam ulang daerah yang sama, dalam satuan waktu dapat berupa jam atau hari. Semakin tinggi resolusi temporal maka akan semakin menunjang kepentingan monitoring. Besarnya resolusi temporal tergantung dari sistem orbit dan daerah jangkauan perekaman.

Daftar Pustaka
Projo. 2012. Pengantar Penginderaan Jauh Digital. Yogyakarta.
Swain. P .H. And Davis, S.M., 1978. Remote Sensing : The Quantitative Approach,
              New York: Mcgraw-Hill.



0 Response to "Konsep Resolusi dalam Penginderaan Jauh (Resolusi spasial, Resolusi Spektral, Resolusi Radiometrik, Resolusi Temporal)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel